Site Plan eks penjara kalisosok

Author: kotakamipoenjagaia / Label:




Kami mencoba membuat site plan untuk tugas kali ini. setelah menimbang-nimbang ide dari anggota kelompok kami. maka tercetuslah ide-ide pembagian rencana diatas.

Konsepnya adalah kami ingin merevitalisasi kawasan eks penjara kalisosok bukan dengan MERUBAHNYA MENJADI MALL.

yah pada intinya kami memang menginginkan kawasan ini memanfaatkan potensi pariwisatanya. karena melihat betapa sunyinya kawasan sekitar pada malam hari.

kami mengetahui beberapa bagian dari eks penjara ini sudah sangat tidak terawat. saat ini ditambah lagi kurangnya referensi kami tentang wujud asli penjara kalisosok ini,menjadikan kami kurang bisa membayangkan bagaimana wujud asli nya ketika dahulu kala.kami hanya bisa melihat kemegahan bangunan ini dan sisa-sisa menara penjaga dari luar.

kami juga merencanakan di kawasan eks penjara kalisosok ini menggunakan transportasi tradisional sebagai sarana transportasi sekitar agar semakin kental suasana KOTA LAMA kembali disini.transportasi tradisional yang diijinkan adalah delman,becak,dan sepeda.

kami juga merencanakan bahwa permukiman penduduk di zone 2 ikut andil dalam pengembangan konsep pariwisata kota lama kami dengan membuka industri kerajinan rumah tangga contohnya payung kertas,perangko lama,dll agar turut membudidayakan potensi budaya warga sekitar.

kami telah mendigitasi wilayah ini terlebih dahulu dari hasil pencitraan google earth untuk mendapatkan ukuran sebenarnya dari kawasan ini.

beberapa rencana pembangunan dalam kawasan ini adalah:
  1. Front and side gate
  2. Bike's park and ticket box
  3. Food fest
  4. Museum
  5. Park and photo booth
  6. Underground showroom
  7. Auditorium
  8. Open stage
  9. Souvenirs shop
  10. parking lot I and parking lot II
front and side gate
pintu masuk utama dan samping.pintu masuk utama termasuk dalam kawasan "kendaraan bermotor dilarang lewat" maka yang bisa masuk di front gate hanya kendaraan tradisional sekitar. side gate disediakan untuk kendaraan bermotor yang parkir disinilah para pengunjung berganti kendaraan.

Bike's park and ticket box
kami menyediakan parkiran sepeda bagi yang membawa sepeda ke dalam.penentuan harga tiket ditentukan kemudian.

food fest
banyak sekali kuliner asli surabaya dan beberapa daerah lain mulai dilupakan.karena itu kami merencanakan food fest bagi pengunjung yang rindu kuliner kota lama.

Museum
seperti kebanyakan museum di kota Surabaya.hanya saja, isinya lebih kami maksudkan pengenalan kota lama dahulu kala.

Park and photo booth

taman didalam menyajikan replika khas penjara dari rerumputan dan ditujukan sebagai photo booth bagi pengunjung.

underground showroom

kisah penjara kalisosok tak lepas dari kisah penjara bawah tanahnya.karena itu kami menyajikan ruang pamer bawah tanah berisikan replika2 penjara kalisosok yang masih tersisa.

Auditorium

kami menyajikan film-film dokumentasi sejarah Indonesia khususnya kota Surabaya untuk pengunjung.

Open stage
terbuka bagi event-event sponsor yang ingin mengadakan acara.

souvenir shop
toko souvenir khas kota lama untuk para pengunjung

parking lot I dan II
parkir kendaraan bermotor dan tempat para pengunjung berganti kendaraan.karena akses dari parkir ke main gate dan di beberapa kawasan wisata eks penjara kalisosok hanya diijinkan menggunakan alat transportasi tradisional.

*perubahan akan di publish kemudian

-----TERIMA KASIH-----

0 komentar:

Posting Komentar